Kamis, 03 Desember 2009

Tip Layanan Pelanggan yang Sempurna

Jika Anda ingin bisa bertahan dalam persaingan dan menawarkan layanan pelanggan yang benar-benar baik, berikut 10 tips untuk membantu Anda.

Ada dua cara untuk menyelesaikan setiap masalah. Solusi tercepat adalah menjaga pelanggan, membuatnya senang, dan melanjutkan hari Anda.

Namun, ada alasan terjadinya masalah. Anda harus mempetimbangkan bagaimana pencegahannya supaya tidak terjadi lagi. Bisnis Anda akan lebih efisien dan pelanggan akan lebih bahagia.

1. Perlakukan pelanggan sebagaimana seharusnya. Artinya memperlakukan mereka dengan bermartabat dan tidak merasa kesal karena mereka sudah menyela hari Anda. Juga berarti mengharapkan mereka untuk memiliki tanggung –jawab. Terlalu banyak bisnis yang meyakini bahwa layanan pelanggan berarti tunduk pada setiap pelanggan yang memiliki keluhan. Cara ini memang cepat menyelesaikan masalah pelanggan yang marah, tapi bukan solusi terbaik. Tahu kapan ada masalah yang harus segera diperbaiki dan perbaiki dengan baik, tapi jangan biarkan orang lain menginjak-injak Anda.

2. Lakukan sesuatu untuk meminimalkan masalah agar pelanggan menyukai Anda. Jika terjadi masalah, dan Anda melakukan sedikit lebih banyak bantuan pada pelanggan, dia akan mengingatnya. Anda akan mendapatkan bisnis berulang dan iklan dari mulut ke mulut jika Anda melakukannya dengan lebih baik.

3. Jangan membuat alasan. Jika itu memang kesalahan Anda, akui. Jangan melimpahkannya pada pelanggan, situasi, supplier lain, atau posisi diatas Anda. Anda akan merasakan perbedaan yang besar saat Anda mengatakan "Telah terjadi kesalahan, tapi saya akan memperbaikinya." Pelanggan akan melihat Anda dengan cara yang berbeda jika Anda tidak membuat alasan.

4. Jangan mudah tersinggung! Ini yang seringkali dilupakan karena pelanggan menujukan kekesalannya pada Anda. Namun, pelanggan marah karena situasinya, bukan secara khusus marah pada Anda. Menjadikannya masalah pribadi hanya akan menambah kekesalan pada situasi dan semakin sulit memperbaiki masalah.

5. Dengarkan pelanggan Anda. Jangan berasumsi Anda tahu apa yang mereka inginkan. Mungkin ada beberapa hal baik yang mereka katakan, meskipun mereka bukan seorang ahli. Pikirkan apa yang Anda janjikan. Mudah untuk melakukannya dan menawarkan lebih dari yang bisa Anda berikan. Jika bisnis Anda berlomba-lomba dari satu proyek ke proyek lainnya, Anda tidak bisa menawarkan jasa yang berkualitas. Jangan sampai ini terjadi. Selalu perhatikan apa yang Anda janjikan, dan jangan biarkan pelanggan berbicara hal yang tidak mungkin.

6. Biarkan pelanggan merasa sebagai prioritas. Jangan menjawab telepon saat mengisi lembar kerja – Anda seperti terganggu. Luangkan beberapa menit untuk benar-benar memberikan perhatian. Pelanggan akan merasakan perbedaannya dan hasilnya memang sepadan.

7. Menyelesaikan masalah secepatnya. Tidak seorangpun yang ingin berurusan dengan hal yang tidak menyenangkan, tapi jika Anda tidak menanggapi keluhan, tidak akan menjadikannya lebih baik. Lakukan tindak lanjut! Segera menyelesaikan masalah yang terjadi, atau setelah pelanggan menerima order yang besar, untuk mengetahui bagaimana hal-hal besar terjadi. Jangan mencoba menjual apapun saat menghubungi atau mengirim e-mail. Hanya mencari tahu apa yang perlu Anda ketahui dan diinginkan pelanggan.

***

Oleh Bill Hogg, seorang pembicara di bidang pentingnya budaya fokus pada pelanggan. Bill menguasai prinsip-prinsip, proses dan alat yang menciptakan budaya fokus pada pelanggan dan tim yang meningkatkan kinerja bisnis.

Sumber: http://www.billhogg.ca
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com

(http://pengusahamuslim.com/strategi-bisnis/pelayanan-pelanggan/743-tip-layanan-pelanggan-yang-sempurna-.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar